Untitled Document
Pengunjung
Informasi Pengunjung
54.147.238.168 (IP Anda)
Pengunjung Hari Ini
7
Pengunjung Kemarin
15
Pengunjung Bulan Lalu
566
Pengunjung Tahun Lalu

Total Pengunjung
5317
Twitter
Facebook
Link

Beranda

TALKSHOW:

IMPLEMENTASI AKUTANSI BERBASIS AKRUAL

Hingga kini, kata Aher, sistem akuntansi yang ditetapkan dalam penyusunan laporan keuangan berbasis akrual. Hal ini didasari Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Sistem akrual diterapkan pada penyajian laporan keuangan, juga pengolahan perakuntansian. Dengan manfaat, memberikan gambaran yang paling paripurna atas posisi keuangan pemerintah daerah, serta menyajikan informasi yang sebenarnya mengenai hak dan kewajiban pemerintah daerah dalam memberikan informasi yang lebih berkualitas dalam mengevaluasi kinerjanya.

Melihat dinamika sistem akuntansi saat ini, Aher mengatakan, pihaknya mengupayakan pengembangan kualitas dan kuantitas SDM di bidang keuangan. Seperti merekrut dan menyekolahkan akuntan, juga menambah kuota PNS pada bidang keuangan dengan konsentrasi akuntansi.

Aher pun ingin pengelolaan keuangan di Jawa Barat tepat guna dan tepat manfaat. “Yang kami inginkan secara keuangan adalah kami WTP, secara output outcome (manfaat) juga kami terima. Jadi saat penggunaan keuangan, tidak ada penyimpangan, kegunaannya pun prima,” katanya.

Dia menargetkan kualitas pelaporan bisa meningkat, juga mendorong kabupaten/kota dan instansi-instansi di wilayahnya meraih dan mempertahankan prestasi serupa.

Untitled Document
© Copyright Biro Keuangan Setda Prov Jabar 2016